Ditekuk Timnas U-19 Jepang, Timnas U-19 Indonesia Gagal Ke Piala Dunia

Tim nasional U-19 Indonesia harus menguburkan impiannya untuk tampil di Piala Dunia junior tahun depan. Hal ini menyusul kekalahan atas tim nasional U-19 Jepang di babak perempat final. Pada pertandingan yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu, 28 Oktober 2018, skuad Garuda Muda menyerah dua gol tanpa balas.

Dua gol tim Samurai Biru dicetak oleh Highasi Shunki di menit ke-40 dan Taishei Miyashiro di menit ke-70. Kemenangan tersebut lebih dari cukup mengantar mereka ke Piala Dunia bersama tiga kontestan lainnya yang lolos ke babak semi final.

Kedua tim menurunkan formasi terbaik di pertandingan ini. Jepang yang lebih diunggulkan di laga ini langsung menekan sejak menit awal. Sementara armada Indra Sjafri coba bermain lebih bertahan untuk menahan serangan para pemain Jepang. Strategi ini cukup berhasil meredam agresivitas para pemain Jepang. Sesekali Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan melancarkan serangan balik cepat.

Jepang sempat membobol gawang Indonesia di menit ke-11. Namun gol yang dicetak Daiki Hashioka dianulir wasit karena sang pemain dianggal telah lebih dulu berada dalam posisi offside. Lima menit sebelum babak pertama usai, Jepang akhirnya berhasil mencetak gol. Sepakan keras Shunki dari luar kotak penalti berhasil mengoyak gawang tuan rumah yang dijaga Muhammad Riyandi. Jepang berhasil mempertahankan keunggulan satu gol hingga kedua tim ke ruang ganti.

Setelah jeda, Indoensia berusaha mengejar ketertinggalan. Selama 45 menit babak kedua, Indonesia mampu menguasai jalannya pertandingan. Jepang yang selalu ditekan berhasil menambah gol di menit ke-70 melalui Taishei Miyashiro.

Tertinggal dua gol, tuan rumah berusaha meningatkan intensitas serangan. Beberapa peluang diperoleh di antaranya melalui Todd Rivaldo Ferre. Namun rapatnya pertahanan Jepang membuat para pemain Indonesia tak kunjung mencetak gol hingga laga usai. Jepang pun lolos ke babak semi final dan menjadi salah satu kontestan yang mewakili Asia di Piala Dunia U-20 2019 di Polandia.

“Dalam laga tadi cukup membingungkan karena tiba-tiba hujan deras dan petir. Saya curiga ada suporter Indonesia yang berdoa dan meminta hujan turun saat melawan kami,” canda pelatih Timnas U-19 Jepang, Masanaga Kageyama.

Susunan pemain timnas U-19 Indonesia versus timnas U-19 Jepang:

Timnas U-19 Indonesia (5-3-2): 1-Muhammad Riyandi; 3-Asnawi Mangkualam Bahar, 2-Kadek Raditya Maheswara, 13-Rachmat Irianto, 18-Indra Mustafa, 11-Firza Andika; 17-Syahrian Abimanyu, 7-Muhammad Luthfi Kamal, 8-Witan Sulaeman; 15-Saddil Ramdani, 19-Hanis Saghara

Pelatih: Indra Sjafri

Timnas U-19 Jepang (4-4-2): 12-Kosei Tani, 2-Higashi Shunki, 3-Kobayashi Yuki, 15-Ayumu Seko, 4-Daiki Hashioka, 5-Yukinari Sugawara; 6-Saito Mitsuki, 7-Hiroki Ito, 8-Kanya Fujimoto, 10-Hiroki Abe; 20-Miyashiro Taisei, 9-Takefusa Kubo

Pelatih: Masanaga Kageyama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *