Liverpool Tersisih dari Piala FA Usai Ditekuk Wolves

Wolverhampton Wanderers

Liverpool harus menerima nasib buruk di pentas Piala FA musim ini. The Reds secara mengejutkan tersisih di putaran ketiga. Si Merah takluk dari Wolverhampton Wanderers pada pertandingan yang digelar di Molineux Stadium, Senin, 7 Desember 2019 waktu setempat atau Selasa dini hari WIB. Liverpool takluk dari tuan rumah dengan skor 1-2.

Satu-satunya gol Liverpool di laga ini dicetak oleh Divock Origi di menit ke-51. Sementara sepasang gol tuan rumah dicetak oleh Raul Jimenez di menit ke-38 dan Ruben Neves di menit ke-55.

Kekalahan ini tentu menggagalkan asa Liverpool untuk berburu gelar Piala FA. Namun demikian pelatih Liverpool, Jurgen Klopp sepertinya tidak terlalu menaruh perhatian pada kompetisi ini. Pasalnya pelatih asal Jerman itu melakukan perubahan besar-besaran pada skuad yang diturunkan di laga ini. Mantan juru taklik Borussia Dortmund itu menurunkan sebagian besar pemain pelapis. Para pemain inti seperti Roberto Firmino dan Mohamed Salah hanya mengisi bangku cadangan.

Klopp menurunkan salah satu pemain belia yang baru berusia 16 tahun di laga ini. Pemain tersebut adalah Ki-Jana Hoever. Ini menjadi sejarah tersendiri bagi pemain tersebut dan Liverpool. Hoever pun menjadi pemain termuda Liverpool yang bermain di Piala FA. Catatan itu ditorehkan Hoever pada usia 16 tahun dan 354 hari.

Hoever tidak bermain penuh di laga ini. Pemain kelahiran 18 Januari 2002 itu menjadi pemain pengganti. Ia merumput sejak menit ke-enam menggantikan Dejan Lovren. Pemain ini bermain pada posisi sebagai bek bersama pemain senior Fabinho.

Alih-alih menyesali kekalahan ini, Klopp justru memuji performa pemain muda tersebut. Menurut Klopp pemain tersebut bermain baik sehingga keputusannya untuk menurunkannya di laga ini tepat adanya.

“Dia tampil baik, jadi putusan (memainkannya) bagus. Hal itu sudah cukup. Mungkin ada yang mengatakan saya tak menghormati kompetisi. Namun, kami selalu mencoba sebaik mungkin ketika bertanding,” beber Klopp.

Selain itu Klopp mengatakan keputusannya menurunkan pemain tidak semata-mata tergantung kesiapan pemain bersangkutan. Baginya yang terpenting adalah pemain bersangkutan bisa berbain baik saat diturunkan.

“ Jadi, jika pemain tampil bagus, orang takkan melihat berapa umurnya,” pungkasnya.

Susunan pemain Wolverhampton versus Liverpool:

Wolverhampton (3-5-2): 21-John Ruddy; 15-Willy Boly, 16-Conor Coady; 5-Ryan Bennet; 29-Ruben Vinagre, 8-Ruben Neves, 28-Joao Moutinho, 32-Leander Dendoncker, 19-Jonny Otto (2-Matt Doherty 74′); 18-Diogo Jota (7-Ivan Cavaleiro 52′), 9-Raul Jimenez (10-Helder Costa 83′)

Pelatih: Nuno Espirito Santo

Liverpool (4-3-1-2): 22-Simon Mignolet; 64-Rafael Camacho, 3-Fabinho, 6-Dejan Lovren (51-Ki-Jana Hoever 6′), 18-Alberto Moreno; 7-James Milner, 8-Naby Keita, 48-Curtis Jones (11-Mohamed Salah 70′); 23-Xherdan Shaqiri; 15-Daniel Sturridge (9-Roberto Firmino 70′), 27-Divock Origi

Pelatih: Juergen Klopp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *