Menang Telak, Spurs ke Babak Keempat Piala FA

Tottenham Hotspur

Tottenham Hotspur sama sekali tidak mendapat hambatan berarti di babak ketiga Piala FA. Kontestan Liga Primer Inggris ini menang telak di pertandingan babak ketiga. Menghadapi Tranmere Rovers, Sabtu, 4 Januari 2018 waktu setempat atau Minggu dini hari WIB, Spurs menang dengan skor telak 7-0.

Kemenangan besar ini tidak mengangetkan. Pasalnya tim yang dihadapi bukan lawan sepadan. Tranmere merupakan tim kasta bawah tepatnya berkompetisi di pentas League Two atau kasta keempat.

Tujuh gol The Lilywhites masing-masing dicetak oleh Serge Aurier masing-masing di menit ke-40 dan 55. Selain itu Fernando Llorente yang mencetak hattrick alias tiga gol masing-masing di menit ke-48, 71 dan 72. Dua gol lainnya disumbangkan oleh Son Heung-min di menit ke-47 dan sang kapten, Harry Kane di menit ke-82.

Pelatih Spurs, Mauricio Phocettino melakukan sejumlah rotasi di pertandingan ini. Pelatih asal Argentina itu tidak menurunkan semua amunisi terbaik. Posisi kapten diberikan kepada Delle Alli. Sementara itu ia menurunkan Fernando Llorente untuk mengisi lini depan.

Meski begitu Spurs tetap mampu menguasai pertandingan. Namun demikian superioritas Spurs tak bisa membuat mereka dengan mudah mencetak gol. Pesta gol Spurs baru dibuka lima menit sebelum babak pertama berakhir.

Gol pembuka dicetak oleh Serge Aurier. Mendapat bola di depan kotak penalti, Aurier tak membuang kesempatan untuk melepaskan sepakan keras yang sukses menggetarkan gawang lawan. Spurs hanya mampu mencetak gol di 45 menit babak pertama.

Situasi berubah di babak kedua. Dominasi Spurs berbanding lurus dengan gol yang tercipta. Enam gol berhasil dicetak oleh Spurs di paruh kedua. Dimulai dengan Llorente yang mencetak gol di menit ke-48 berkat umpan ciamik Son Heung-min. Pemain asal Korea Selatan itu kembali menjadi aktor utama bagi gol ketiga Spurs sekaligus gol kedua Aurier.

Son pun tak ketinggalan mencatatkan namanya di papan skor. Pemain asal Asia Timur itu mencetak gol keempat, menyusul gol Llorente di menit ke-71. Satu menit berselang Llorente mencetak gol ketiganya di laga inisetelah menuntaskan umpan Lucas Moura dari sisi kiri.

Kane yang masuk di penghujung babak kedua langsung menggebrak. Pemain internasional Inggris itu berhasil mencetak gol di menit ke-80 sekaligus memastikan kemenangan timnya tujuh gol tanpa balas.

Pochettino mengatakan timnya selalu tampil serius di semua kompetisi. Baginya semua pertandingan adalah penting.

.”Seperti semua kompetisi, kami selalu serius. Sudah pasti terkadang Anda menang dan terkadang Anda kalah, tapi kami selalu serius dan menghormati semua kompetisi,” beber Pochettino.

Susunan pemain Tranmere Rovers versus Tottenham Hotspur:

Tranmere Rovers (3-5-2): 1-Scott Davies; 16-Mark Ellis, 6-Emmanuel Monthe, 5-Steve McNulty; 14-Jake Caprice, 22-Harvey Gilmour, 12-Luke McCullough, 8-James Harris; 3-Liam Ridehalgh; 10-James Norwood, 11-Connor Jennings

Pelatih: Micky Mellon

Tottenham Hotspur (3-4-3): 22-Paulo Gazzaniga; 6-Davinson Sanchez, 21-Juan Foyth, 24-Serge Aurier; 33-Ben Davies, 52-Oliver Skipp, 20-Dele Alli, 16-Kyle Walker-Pieters; 7-Son Heung-min, 27-Lucas Moura, 18-Fernando Llorente

Pelatih: Mauricio Pochettino

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *